KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Lulusan

Category: kompetensi lulusan
Written by MOCH. MASRUR Hits: 2180

PARAMETER DESKRIPSI

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI

(PROGRAMME LEARNING OUTCOME/PLO)

PENGETAHUAN

Menguasai konsep teoretis bahasa, sastra, dan budaya Jawa

Menguasai konsep teoretis pendidikan (paedagogi)

Menguasai konsep teoretis karakteristik perkembangan peserta didik

Menguasai konsep teoretis kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar untuk pendidikan bahasa Jawa

Menguasai pengetahuan tentang fungsi dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa

KETERAMPILAN KHUSUS

Terampil berbahasa Jawa secara lisan (menyimak dan berbicara) dan tulis (membaca dan menulis) dalam konteks formal dan nonformal dengan menggunakan kaidah bahasa dan unggah-ungguh bahasa Jawa yang tepat

Terampil membaca dan menulis menggunakan aksara Jawa sesuai dengan kaidah penulisan aksara Jawa

Mampu mengapresiasi (menikmati, memahami, menginterpretasi, menilai, mengkreasi) dan mencipta karya sastra (puisi, prosa, dan drama) Jawa sesuai dengan struktur dan kaidah genre sastra

Mampu melagukan atau mengekspresikan puisi tradisional (tembang macapat) dan modern (geguritan) sesuai dengan konvensinya masing-masing

Mampu menerapkan teknik-teknik penyiaran, penyuntingan, dan jurnalistik bahasa Jawa sesuai kaidah dengan tepat

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Jawa dengan pendekatan yang relevan untuk membangun kemampuan berkomunikasi sesuai tujuan kurikulum

KETERAMPILAN KHUSUS

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Jawa dengan pendekatan yang relevan untuk membangun kemampuan berkomunikasi sesuai tujuan kurikulum

Mampu merancang, memilih aktivitas, strategi, dan sumberdaya pembelajaran yang mempertimbangkan keberagaman profil belajar, kearifan lokal, aspek sosio kultural, emosional, intelektual, fisik peserta didik serta menumbuhkan motivasi belajar peserta didik menggunakan laboratorium bahasa dan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang relevan

Mampu mengevaluasi kinerja dan kemajuan belajar peserta didik secara kontinu dan efektif melalui perancangan dan penggunaan teknik, alat, dan strategi evaluasi pembelajaran yang relevan baik formal maupun informal (pengamatan, portofolio pekerjaan peserta didik, kinerja dalam tugas, proyek, penilaian diri (self assesment), penilaian kelompok) yang valid dan reliabel

Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Jawa secara berkelanjutan dengan memanfaatkan hasil evaluasi hasil belajar dan proses pembelajaran

Mampu membangun budaya literasi melalui pelaksanaan pembelajaran integratif

Memiliki wawasan metodologi penelitian yang berpotensi mampu melakukan penelitian

Mampu menganalisis berbagai solusi alternatif yang ada berdasarkan kaidah dan prinsip pembelajaran terhadap permasalahan pembelajaran bahasa Jawa dan menyimpulkannya untuk pengambilan keputusan yang tepat